Sabtu, 31 Maret 2012

Nikmati Masa Kuliahmu!


DALAM beberapa tahun, masa kuliah pasti akan berakhir. Dan pada akhirnya, kamu akan memasuki dunia ketika bangun tengah hari, menghabiskan uang untuk hura-hura di akhir minggu bersama gank, atau menjadikan daftar hadir kuliah sebagai prioritas utama bukanlah sesuatu yang normal.  

Kita mungkin 'benci' semua hal tentang kampus, tetapi sebelum kita sadari, ia akan segera berlalu. Kemudian kamu akan menyadari, kamu 'terjebak' dalam pekerjaan di balik meja dan mencari cara bersenang-senang di akhir minggu. 

Periode kuliah adalah masa-masa yang harus kamu nikmati. Beruntunglah kamu yang masih mencicipi kehidupan kampus. Meski kamu masih bisa bangun siang, pergilah ke luar dan mengeksplorasi lingkungan sekitarmu. Ubahlah sikap "menerima apa adanya" menjadi sikap dengan pemikiran, "Ini mungkin terakhir kalinya saya memiliki banyak kebebasan untuk melakukan apa pun."

Collegecures, Sabtu (31/3/2012), melansir, beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menikmati masa kuliah.

Sosialisasi di luar kelompok temanmu
Dalam beberapa bulan pertama di kampus, sebagian besar dari kita memiliki semacam "kelompok teman". Jika kamu dilantik menjadi anggota klub mahasiswa di kampus, sosialisasi yang kamu lakukan dengan anggota kelompok lainnya pun seperti sudah "built in". Jika kamu berkuliah di daerah yang dekat dengan kota asalmu, maka kamu mungkin akan berkuliah dengan beberapa teman satu SMA. Sebagian kecil dari kita mungkin telah benar-benar keluar dari kelompok teman yang biasanya kita temui, dan kemudian berteman dengan orang-orang yang sama sekali baru. 

Meskipun menyenangkan untuk memiliki teman dengan latar belakang yang sama, tetaplah penting bagi kita untuk bertemu orang-orang baru di luar teman yang biasa kita temui. Banyak yang menemukan teman terbaik di masa kuliah secara tidak sengaja, dan benar-benar di luar konteks teman yang biasa mereka miliki.

Mengambil kelas samping
Cara lain yang bisa kamu tempuh adalah mengambil mata kuliah lintasjurusan. Selain memperlihatkan apakah kamu memilih jurusan yang sesuai passionmu dengan mempelajari bidang studi lainnya, cara ini juga membuka lingkaran pertemananmu lebih luas.

Kuliah hanya sekali
Umumnya, kita memang hanya akan mencicipi kesenangan ketika kuliah satu kali dalam hidup. Pengalaman ketika menempuh studi pascasarjana tentu akan jauh berbeda dengan manisnya masa kuliah sarjana.

Sebelum kita menyadari telah kehilangan banyak waktu berharga, cobalah untuk tidak menyesali semua yang kita alami selama kuliah. Nikmatilah semua waktu yang kita gunakan untuk menemukan diri sendiri, berteman, dan mengejar ambisi masa depan ketika di kampus.

Source : kampus.okezone
ekospinach ITpreneur

1 komentar:

  1. but I hate study in university. I want back in highschool again >.<
    I didn't have a real friends in university not like in highschool . Alone,, and alone... hahahhahaha

    BalasHapus