Minggu, 04 September 2016

Pengalaman Tes Coding untuk Posisi Programmer


Pada posting ini saya ingin berbagi pengalaman saya melamar dan tes kerja untuk posisi sebagai programmer - Backend Dev. Beberapa hari yang lalu saya dikirimi info oleh teman berupa lowongan pekerjaan. Saya baca profil perusahaan ini mereka berkantor pusat di Singapura dan memiliki cabang kantor di Jakarta & Bandung, Indonesia. Iseng-iseng kemudian saya mendaftarkan diri di perusahaan tersebut karena penasaran dari pengalaman teman yg bilang kalo tes codingnya 'greget', walaupun sebenarnya ijazah saya belum terbit karena baru selesai lulus pendadaran dan tinggal menunggu wisuda. Akhirnya "bermodal kelamaan kuliah di Teknik Informatika" hehe :D lalu saya kirim resume dan data diri saya hingga sehari kemudian saya mendapatkan email bahwa aplikasi saya diterima dan dilanjutkan untuk test coding secara online. 
Tes coding onlinenya menggunakan platform codility, format tesnya kita diberi 5 kasus/task yang harus diselesaikan dalam waktu 2x60menit. Kalau saya tidak salah task yang pertama itu soal tentang fungsi string, kita harus membuat fungsi reverse string yaitu membuat string atau kalimatnya menjadi terbalik contohnya seperti, input: "we test coders" lalu di-reverse jadi "ew tset sredoc".

Untuk task selanjutnya itu berkutat di kasus seperti fungsi, array, debugging. Untuk kasus debugging itu contohnya seperti binary search tree menggunakan looping while dan ada keterangan untuk tidak boleh menambah atau mengurang baris coding, biasanya dibuat error karena endless loop/infinite loop. Untuk contoh kasus array seingat saya membuat fungsi untuk memeriksa apakah sebuah array bisa langsung sorting dalam sekali swap, contohnya: A = [12,14,23,42,28,33,39,25,45]. array tsb dapat langsung sorting dalam sekali swap contoh solusinya seperti disini: http://qa.geeksforgeeks.org/4750/make-the-array-sorted-in-just-one-swap

Setelah selesai dengan tes coding itu kemudian saya menerima email untuk ke tahapan 2nd shot test. Tesnya live coding dengan bahasa C#. Padahal sudah lama gak saya pelajari lagi itu C#, terakhir kali pas praktikum semester berapa gitu hehe :D . Akhirnya sedikit flashback saya buka lagi tutor & modulnya kurang lebih mirip-mirip dengan JAVA. Untuk tes ini kasusnya seperti OOP, deret, bilangan fibonacci dan prima. Ada aturan juga fungsi yg dideklarasikan harus rekursif. Fungsi rekursif seperti fibonacci, faktorial, permutasi dan kombinasi persis waktu mata kuliah kalkulus dulu. Untuk kasus fibonacci contohnya seperti deklarasi sebuah fungsi fibonacci(int bilangan) mencari posisi bilangan fibonacci. Contoh jika fibonacci(10) maka return-nya 55(1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55).

Akhirnya, saran dari saya jika anda tes coding/programming setidaknya flashback masa-masa praktikum kuliah dulu dan pelajari algortima dasar untuk string, operator, fungsi, searching, deret bilangan, dan fungsi rekursif. 

Semoga jadi pencerahan untuk anak-anak TI calon programmer :) . Salam..  



ekospinach ITpreneur

2 komentar: