Kamis, 30 Oktober 2014

VoIP Rakyat - VoIP ID


Seperti biasa sore-sore jam 15.00 waktu paling nyaman buat dipakai rehat setelah kuliah sekaligus internetan untuk cek email dan notif di media sosial. Saat itu saya iseng-iseng mencari referensi terkait VoIP (Voice Over Internet Protocol) dan saat itu saya mendapatkan referensi yg awesome karena google mengarahkan saya ke blognya mas Anton Raharja. Saya kemudian tertarik dengan sebuah artikel yang berjudul VoIP ID.

Sebenarnya apa itu VoIP ID itu?

VoIP ID adalah sebuah proyek terbuka yang digelar dengan biaya tidak besar hasil donasi sana-sini, didukung bapak Onno W. Purbo dan rekan-rekan lain yang sebelumnya berperan di VoIP Rakyat.

Hasil akhir yang diinginkan dari VoIP ID adalah sebuah layanan yang dapat berjalan dengan biaya semurah mungkin untuk menyediakan VoIP server seperti VoIP Rakyat dengan domain masing-masing. Mudahnya VoIP ID adalah VoIP service in a cloud atau Hosted VoIP service, terserah istilah mana yang paling keren. Komunitas dapat memanfaatkan layanan VoIP ID untuk membangun jaringan komunikasi berbasis IP dengan nama domain sendiri, dipelihara dan diatur oleh sendiri.

Source Codenya bisa disedot disini:

Project management sederhana menggunakan Trello, disini:

Hasil akhirnya dapat dinikmati disini:

Yang tertarik menerima orderan memperbaiki bugs dan/atau menambah fitur-fitur maka segera kontak via email antonrd@gmail.com untuk dimasukkan ke dalam daftar kontributor proyek.
Syarat utama, saat ini, untuk menjadi kontributor proyek VoIP ID adalah: harus menguasai PHP, MySQL, dan Laravel, serta menggunakan Linux untuk bekerja. Juga harus punya cukup waktu luang agar saat dipaksa deliver ya harus bisa deliver.
Imbalan untuk terjun dalam proyek ini, saat ini, sementara ini, hanya makan siang dan/atau makan malam gratis bersama-sama saat tim ngumpul2. Dan tentunya nama anda akan tercantum dalam daftar kontributor proyek VoIP ID.
Selamat membaca kode sumber dan ditunggu email lamarannya

Good luck Mas Anton, Pak Onno, dan seluruh kontributor untuk proyek VoIP ID.




ekospinach ITpreneur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar